Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cek Akreditas Kampus Lewat Online Berdasarkan Prodi

Cek Akreditas Kampus Lewat Online Berdasarkan Prodi - Bagi calon mahasiswa baru (MABA) melihat kampus biasanya dari akreditas kampus berdasarkan prodi. Namun tak semua kampus memberikan informasi akreditas di setiap Program Studi (Prodi), baik di website ataupun banner/poster yang berada di jalan-jalan, Kecuali anda langsung menanyakan kebagian Akademiknya.

Ada cara lain selain anda harus mendatangi kampus tersebut hanya untuk bertanya Akreditas kampus berdasarkan prodi yang ingin anda pilih. Anda dapat melihat Akreditas kampus melalui online dengan mengunjungi situs Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

BAN-PT merupakan Badan yang memiliki hak untuk memberikan sebuah penilaian akreditasi sebuah kampus. Dan sekaligus satu-satunya badan akreditasi yang mendapatkan wewenang dari Kementrian Pendidikan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia dalam memberikan penilaian sebuah kampus atau jurusan yang ada di Indonesia.

BAN-PT memberikan status penilaian akreditasi kepada Universitas, Institut, Sekolah Tinggi, Politeknik, Akademi, baik negeri maupun swasta, semua dilakukan pengecekan langsung sekaligus memberikan batas expired dari status akreditasinya, sehingga hanya dari BAN-PT kita bisa mendapatkan status akreditasi kampus. Berikut blogku.web.id sajikan cara cek akreditas kampus lewat online berdasarkan prodi.

1. Silahkan anda kunjungi web resmi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)

cek akreditas kampus lewat online berdasarkan prodi
Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT)

2. Kemudian ketik nama kampus incaran kalian di pencarian yang ada di atas Perguruan Tinggi (Disini saya memasukan Politeknik LP3I Jakarta)

Note: Jika menggunakan Nama Kampus tidak muncul cobalah dengan menggunakan No. SK

3. Nantinya akan muncul Prodi berdasarkan kampus yang di cari, anda sudah bisa melihat Akreditas di setiap prodinya

4. Sampai disini anda telah berhasil cek akreditas kampus lewat online berdasarkan prodi

Note:
Jika kampus yang anda cari tidak terdaftar di situs BAN-PT, ada beberapa kemungkinan yang terjadi.
  1. Kampus atau jurusan belum memperpanjang SK
  2. Kampus dan jurusan yang bersangkutan memang tidak memiliki nilai akreditasi dari BAN-PT
  3. Status SK sudah expired