Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Lengkap Kode Plat Nomor Kendaraan dan Daerahnya

Plat nomor yang sering kita lihat di bagian depan dan belakang kendaran bermotor merupakan Nomor Polisi (NOPOL) sebagai penanda kendaraan tersebut. Istilah secara teknisnya adalah Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB). Bila kita perhatikan terdapat 2 baris pada plat tersebut, hal itu untuk memberi kode plat nomor kendaraan daerahnya. Sebagai contoh Lihatlah gambar ilustrasi di bawah ini.

Daftar Lengkap Kode Plat Nomor Kendaraan dan Daerahnya
Sumber Foto: Penduduk.com

Pada baris pertama yang saya tandai A merupakan Kode Wilayah (berupa huruf), Sedangkan B merupakan nomor polisi (berupa angka) dan yang saya tandai C merupakan kode/seri akhir wilayah (berupa huruf). Pada baris kedua yang saya tandai D merupakan keterangan bulan serta tahun akhir masa berlaku kendaraan tersebut (berupa angka). Semua informasi tersebut tentunya terdaftar dan tercatat pada Kantor Bersama Samsat karena berkaitan erat dengan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) dan juga Surat Tanda Nomer Kendaraan (STNK).

Masih bingung mengenali kode plat nomor kendaraan dan daerahnya?. Oke saya kasih contoh, dalam gambar ilustrasi yang saya berikan di atas, nomor polisinya adalah B 6355 PWZ. Dari Keterang tersebut nomor polisi “B” dibagian depan merujuk pada Kabupaten Bekasi, Kabupaten Tangerang, Kota Administrasi Jakarta Barat, Kota Administrasi Jakarta Pusat, Kota Administrasi Jakarta Selatan, Kota Administrasi Jakarta Timur, Kota Administrasi Jakarta Utara, Kota Bekasi, Kota Depok, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan. Kita akan merasa kebingungan dalam menentukan asal wilayah kendaraan tersebut bukan? Maka dari itu untuk membedakan dan menetahui kendaraan ber-plat “B” tersebut dari wilayah mana, bisa dengan melihat kode plat nomor belakangnya, berikut nomor belakang masing masing kota/kabupaten sebagai pembeda dan penanda,

•    Kabupaten Bekasi (B – F**),
•    Kabupaten Tangerang (B – G**/N**),
•    Kota Administrasi Jakarta Barat (B – B**),
•    Kota Administrasi Jakarta Pusat (B – P**),
•    Kota Administrasi Jakarta Selatan (B – S**),
•    Kota Administrasi Jakarta Timur (B – T**),
•    Kota Administrasi Jakarta Utara (B – U**),
•    Kota Depok (B – E**/Z**),
•    Kota Bekasi (B – K**),
•    Kota Tangerang (B – C**/V**),
•    Kota Tangerang Selatan (B – W**)

Jadi, jika ada kendaraan dengan plat nomor “B 6355 PWZ “, maka kendaraan tersebut berasal dari kota Kota Administrasi Jakarta Pusat. Disini kita hanya fokus pada huruf “P” saja, karena huruf WZ adalah huruf acak sebagai pembeda antar kendaraan satu dengan yang lainnya. Untuk mengetahui kode plat nomor kendaraan dan daerah lainnya, berikut Daftar Lengkap Kode Plat Nomor Kendaraan dan Daerahnya

Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten:

A = Kota Serang (A – A*/B*/C*/D*), Kabupaten Serang (A – E*/F*/G*/H*/I*), Kabupaten Pandeglang (A – J*/K*/L*/M*/N*), Kota Cilegon (A – O*/U*), Kabupaten Lebak (A – P*/R*/S*/T*), Kabupaten Tangerang (A – V*/W*/X*/Y*/Z*)

B = Kota Administrasi Jakarta Barat (B – B**), Kota Tangerang (B – C**/V**), Kota Depok (B – E**/Z**), Kabupaten Bekasi (B – F**), Kabupaten Tangerang (B – G**/N**), Kota Bekasi (B – K**), Kota Administrasi Jakarta Pusat (B – P**), Kota Administrasi Jakarta Selatan (B – S**), Kota Administrasi Jakarta Timur (B – T**), Kota Administrasi Jakarta Utara (B – U**), Kota Tangerang Selatan (B – W**)

D = Kota Bandung (D – A**/B*/C*/D*/E*/F*/G*/H*/I*/J*/K*/L*/M*/N*/O*/P*/R*), Kota Cimahi (D – S**/T*), Kabupaten Bandung Barat (D – U**/X**/Z**), Kabupaten Bandung (D – V**/W*/Y**)

E = Kota Cirebon (E – A*/B*/C*/D*/E*/F*/G*), Kabupaten Cirebon (E – H*/I*/J*/K*/L*/M*/N*/O*), Kabupaten Indramayu (E – P**/Q*/R*/S*/T*), Kabupaten Majalengka (E – U*/V*/W*/X*), Kabupaten Kuningan (E – Y**/Z*)

F = Kota Bogor (F – A*/B*/C*/D*/E*), Kabupaten Bogor (F – F**/G*/H*/I*/J*/K*/L*/M*/N*/O*/P*/R*), Kabupaten Sukabumi (F – Q*/U**/V*), Kota Sukabumi (F – S*/T*), Kabupaten Cianjur (F – W*/X*/Y*/Z*)

T = Kabupaten Purwakarta (T – A*/B*/C*), Kabupaten Karawang (T – D*/E*/F*/G*/H*/I*/J*/K*/L*/M*/N*/O*/P*/Q*/R*/S*), sebagian Kabupaten Bekasi dan Kabupaten Subang (T – T*/U*/V*/W*/X*/Y*/Z*)

Z = Kabupaten Sumedang (Z – A*/B*/C*), Kabupaten Garut (Z – D**/E*/F*/G*), Kota Tasikmalaya (Z – H*/I*/J*), Kabupaten Tasikmalaya (Z – K*/L*/M*/N*/O*/P*/Q*/R*/S*), Kabupaten Ciamis (Z – T*/U*/V*), Kabupaten Pangandaran (Z – W*), Kota Banjar (Z – X*/Y*/Z*)